Tuesday 7 June 2011

Hacker Pembobol Situs Polri Adalah Mahasiswa Berinisial AK

Jakarta - Pembobol situs www.polri.go.id telah ditangkap. Diketahui hacker yang menyusup ke halaman situs polri adalah seorang mahasiswa, dengan inisial AK.

"Iya (mahasiswa-red). Inisialnya AK, masih didalami," kata Kadivhumas Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam di PTIK, Jl Tirtayasa, Jaksel, Selasa (7/6/2011).

Anton enggan menjelaskan identitas mahasiswa tersebut. Saat ini tim penyidik masih melakukan pemeriksaan.

"Masih diperiksa. Motifnya masih di dalami," kilahnya.

Sementara, Kabareskrim Polri Komjen Pol Ito Sumardi mengatakan mahasiswa tersebut masih diperiksa apakah bertindak sendiri atau berkelompok. Ito juga bungkam soal identitas pelaku, ia hanya menyebut lokasi penangkapan.

"Di Jawa saja," imbuhnya. Saat ditanya perihal identitas serta informasi lain, Ito Sumardi belum mau mengungkapnya. "Nanti kita beritahu," tandasnya.

Sebelumnya, halaman utama situs Polri tidak bisa diakses tanpa sebab, Senin (16/5). Sementara pada bagian tertentu masih 'hidup', hanya saja berisi konten berbau agama.

Selain menampilkan pesan teks bernuansa agama, di dalam situs tersebut juga menampilkan sebuah gambar dan video yang dihubungkan ke YouTube dengan pesan sejenis.

Belum jelas apa motif pelaku melakukan aksi ini. Pelaku pun tidak meninggalkan pesan untuk menyisakan rekam jejaknya, seperti yang biasa dilakukan para peretas ketika menyusup suatu situs.

No comments:

Post a Comment