Wednesday 1 June 2011

Apa itu android – Tutorial Android

Mungkin diantara kita sudah banyak yang mendengar kata android, baik dari media cetak, televisi atapun dari baliho merek-merek handpohone seperti Nexian, HTC, Samsung dll.
Tapi sebenarnya masih banyak diantara kita yang belum tahu apa itu android, apa sejenis robot, mahluk alien atau sejenis ubur-ubur ???@##. bahkan mungkin masih banyak juga diantara kita yang belum pernah mendengar kata android.
Android atau Google Android adalah suatu sistem operasi yang bersifat opensource yang berjalan di aplikasi mobile seperti handphone, tablet dan beberapa notebook/netbook. android memberikan keleluasaan pada kita untuk melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan kita sepanjang sesuai dengan kriteria dari sistem operasi android tersebut.

masih bingung ?? gampangnya begini, kita semua pasti sudah mengenal namanya komputer (PC), laptop maupun handphone. di dalam perangkat tersebut ada yang namanya hardware dan software. Hardware pada PC berupa monitor, keyboard, CPU, mouse dll, sedangkan softwarenya berupa sistem operasi dan aplikasi seperti Microsoft windows, Linux, UniX dll, sedangkan aplikasinya ada microsoft offices, games, music player dll.

Selama ini kita mengenal beberapa sistem operasi handphone seperti symbian, Blackberry OS, iOS (apple) maupun Java. Hampir semua sistem operasi handphone bersifat tertutup, kecuali handphone yang bebasis java. 

Android sendiri semakin hari semakin pesat pertumbuhannya, tercatat di kuartal ke empat tahun 2010 ini, android telah menggusur pasar RIM dan iPad di Amerika, setidaknya android telah menguasai 46% pasar smartphone di Amerika. Saat ini produsen gadget yang sudah memasang android pada perangkatnya adalah Nexian, HTC, Samsung, Motorola dan Sonyerricson bahkan diprediksi pada tahun 2011 android sistem operasi smartphone di dunia.

Bagi anda yang ingin belajar pemrograman android bisa melakukan instalasi android di PC sebagai emulator. android menyediakan SDK sebagai emulator bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi mengembangkan android sehingga bisa lebih “gue banget”. 

Saat ini saya menggunakan emulator android dan eclipse galileo untuk mempelajari dan membuat aplikasi android, pada dasarnya bagi anda yang sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman khususnya java tidak terlalu mengalami kesulitan dalam memahami bahasa pemrograman android.
Jika anda ingin mempelajari Android di komputer silahkan baca cara install android di windows XP menggunakan eclipse dan android SDK.

No comments:

Post a Comment